Student Reflective Journal sebagai Booster Peningkatan Profisiensi Menulis Mahasiswa
Sari
Kemampuan menulis tidak bisa di dapat secara instan, melainkan
harus melalui sebuah proses pembiasaan agar tulisan yang dihasilkan
berkualitas. Hasil pengamatan Tim terhadap mahasiswa Program Studi
Sastra Inggris yang mengambil pemrograman skripsi pada tahun ajaran
2017-2018 menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan seperti grammar
(grammatical errors) dan pengorganisasian ide yang tidak runut masih
mudah ditemui. Kesulitan ini tentu saja menjadi permasalahan yang sangat
penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi jangka waktu
kelulusan mahasiswa. Kesulitan dalam menulis berbahasa Inggris ini
disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kesulitan untuk
menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan, kurangnya
penguasaan kosa kata bahasa Inggris, dan kurangnya latihan dalam menulis
berbahasa Inggris. Student Reflective Journal adalah sebuah media menulis yang berbentuk jurnal atau diary
yang bisa digunakan mahasiswa untuk menuangkan ide-ide atau gagasan
yang dimiliki, meningkatkan kosa kata bahasa Inggris, serta yang paling
penting menjadi media pembiasaan dalam menulis. Student Reflective Journal dibuat dengan desain yang menarik (tidak monoton seperti buku teks), melainkan seperti sebuah diary yang mudah dibawa kemana saja dan menjadi ‘teman’ untuk menuangkan pikiran. Selain itu, Student Reflective Journal di dalamnya memuat prompts
(petunjuk kata) yang dibuat untuk memancing ide atau gagasan sehingga
mahasiswa lebih mudah untuk memulai menulis, dan juga Student Reflective Journal dilengkapi dengan bantuan kosa kata bahasa Inggris untuk memperkaya kosa kata mahasiswa. Adapun prompts
(petunjuk kata) yang diberikan adalah dalam bentuk tematik atau topik
yang sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa.
Dengan memilki Student Reflective Journal dan menjadikannya
sebagai media menulis, diharapkan mahasiswa menjadi lebih terbiasa dalam
menulis berbahasa Inggris dan tidak mengalami kesulitan untuk
menuangkan ide atau gagasan yang dimiliki.
Kata Kunci
Student Reflective Journal; menulis; penguasaan
Download PDF: http://journal.trunojoyo.ac.id/prosodi/article/view/4531
Comments
Post a Comment